|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELJARAN
(RPP)
I.
Identitas
Satuan Pendidikan
|
:
MI Setono Ponorogo
|
Mata Pelajaran
|
:
Al-qur’an dan Hadist
|
Kelas / Semester
|
:
I / Genap
|
Standar
Kompetensi
|
: 1. Memahami Huruf Hijaiyah
dan Tanda Bacanya
|
Kompetensi Dasar
|
: 1.1 Mengidentifikasi Huruf
Hijaiyah dan Tanda Bacanya
|
Indikator
|
:
1.1.1 Menyebutkan huruf-huruf hijaiyah secara benar dan lengkap.
:
1.1.2 Menghafalkan huruf-huruf hijaiyah secara benar dan lengkap.
:
1.1.3 Menyebutkan jenis-jenis tanda baca seperti fatkhah, kasroh, dhomah , serta penerapannya
dalam huruf hijaiyah.
|
Alokasi Waktu
|
:
4× 35 menit ( 2× pertemuan)
|
II.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat Menyebutkan
huruf-huruf hijaiyah secara benar dan lengkap.
2. Siswa dapat Menghafalkan
huruf-huruf hijaiyah secara benar dan lengkap.
3. Siswa dapat menyebutkan
jenis-jenis tanda baca seperti fatkhah,
kasroh, dhomah serta penerapannya dalam
huruf hijaiyah.
III. Materi
Pembelajaran
Mempelajari huruf hijaiyah
Sub
Materi :
1.
Menyebutkan
huruf-huruf hijaiyah
2.
Tanda
baca fatkhah, kasroh, dhomah
IV. Metode
Pembelajaran
Metode Ceramah, Visual, dan demonstrasi
V.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Metode Pembelajaran
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
2’
|
Guru mengucapkan salam, lalu
mengajak siswa-siswi berdoa
|
|
|
8’
|
·
Guru
bertanya pada siswa, “Anak-anak adakah diantara kalian yang sudah hafal huruf
hijaiyah?”
·
Siswa-siswi
menjawab pertanyaan guru, “Belum Bu.”
·
“Baiklah, hari ini kita akan bersama-sama
belajar mengenai huruf hijaiyah, beserta tanda bacanya.”
|
Tanya Jawab
|
|
2. Kegiatan Inti
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Metode Pembelajaran
|
Sumber/ Bahan/Alat
|
2’
|
Guru menempelkan huruf-huruf
hijaiyah beserta cara membacanya di papan tulis.
|
Metode Visual
|
Karton, spidol
|
35’
|
Guru memberikan contoh cara
melafalkan huruf-huruf hijaiyah tersebut. Setelah itu murid-murid diminta
untuk menirukan. Kegiatan tersebut dilakukan secara berulang-ulang.
|
Ceramah, demonstrasi Visual
|
Karton, spidol
|
20’
|
Guru meminta siswa secara acak
untuk menirukannya.
|
|
|
35’
|
Setelah kiranya sudah mulai
lancar, guru menutup terjemahan dari huruf-huruf hijaiyah tersebut, untuk
melatih siswa agar lebih hafal.
Kemudian satu persatu siswa
diminta ke depan untuk menghafal huruf-huruf hijaiyah tersebut.
|
demonstrasi
|
|
2’
|
Guru menempelkan ketiga jenis
tanda baca tersebut ,beserta penerapannya pada
huruf hijaiyah.
|
Ceramah, demonstrasi Visual
|
Karton, spidol
|
26’
|
Guru memberikan contoh cara
melafalkannya, dan siswa diminta untuk menirukan, hingga siswa benar-benar
paham dan mengerti.
|
Ceramah
|
Karton, spidol
|
- Kegiatan Akhir
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Metode Pembelajaran
|
Sumber/ Bahan/Alat
|
8’
|
Siswa diminta mengerjakan
soal-soal yang diberikan Guru, yaitu menyebutkan huruf-huruf hijaiyah dan
memberikan tanda baca pada huruf hijaiyah tersebut.
|
Penugasan
|
Kertas HVS
|
2’
|
Untuk mempersiapkan materi
selanjutnya, siswa diminta mengerjakan halaman 24.
|
Penugasan
|
|
VI. Alat dan Bahan :
Buku paket Quran Hadist kelas 1, buku lain yang relevan, kertas HVS,
kertas karton dan spidol.
VII. Penilaian
Prosedur penilaian : Test dan non test
Teknis Penilaian : Tulis dan lisan
Instrumen Penilaian : Test uraian singkat dan tes lisan
Ponorogo,
07 Desember 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
Guru Qur’an
Hadits Kelas I,
|
Anar
Syaifudin,
S.Pd.I
|
Arlin Hermawati
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar