Rabu, 27 Juni 2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN
: MIN SETONO PONOROGO
TEMA
: TATA LETAK
KELAS / SEMESTER
: 3 / GANJIL
ALOKASI WAKTU
: 5 x 35’
TAHUN PELAJARAN
: 2011 / 2012


I.     Standar Kompetensi
1.Matematika
1. Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka.
2. Pkn
2. Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat.
3. IPS
1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah.
4. Aqidah Akhlaq
3. Membiasakan akhlaq terpuji
II. Kompetensi Dasar
1. Matematika
1. 1. Menentukan  letak bilangan pada garis bilangan.
2. Pkn
2. 2. Menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
3. IPS
1. 3. Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah.
4. Aqidah Akhlaq
3. 1. Membiasakan sifat rendah hati, santun, ikhlas, dan dermawan dalam kehidupan sehari-hari
III. Indikator
1.         Matematika
1.1.1.      Menentukan suatu bilangan yang terletak diantara dua bilangan.
1.1.2.      Menentukan posisi bilangan pada suatu garis bilangan.


2.         PKn
2.2.1. Menyebutkan contoh aturan tertulis dan contoh aturan yang tidak tertulis.
3.    IPS
1.3.1. Membuat denah tempat tinggal masing-masing.
1.3.2 Menentukan letak bangunan-bangunan yang ada di sekolah dari denah sekolah.
4.   Aqidah Akhlaq
3.1.1. Menyebutkan contoh sifat rendah hati, santun, ikhlas, dan dermawan dalam kehidupan sehari-hari.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Matematika
·      Siswa dapat menentukan suatu bilangan yang terletak diantara dua bilangan dengan benar.
·      Siswa dapat menentukan posisi bilangan pada garis bilangan dengan benar.
2.      PKn
·      Siswa dapat menyebutkan contoh aturan tertulis dan contoh aturan yang tidak tertulis dengan benar.
3.      IPS
·      Siswa dapat membuat denah rumah.
·      Siswa dapat membuat denah dekolah.
4.      Aqidah Akhlaq
·      Siswa dapat menyebutkan rendah hati, santun, ikhlas, dan dermawan.
V. MATERI PELAJARAN
1.      Matematika
·      Menentukan suatu bilangan yang terletak diantara dua bilangan dengan benar.
·      Menentukan posisi bilangan pada garis bilangan dengan benar.
2.      PKn
·      Menyebutkan contoh aturan tertulis dan contoh aturan yang tidak tertulis dengan benar.
3.      IPS
·      Membuat denah rumah.
·      Membuat denah dekolah.
4.      Aqidah Akhlaq
·      Rendah hati, santun, ikhlas, dan dermawan.



VI.             METODE PEMBELAJARAN
Penugasan, Tanya Jawab, ceramah, dan , peta konsep, dan permainan.

VII.          Langkah-Langkah  Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (20’)
Alokasi Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Metode Pembelajaran
Sumber / Alat , dan Bahan
5’

Guru membuka pelajaran dengan salam, doa dan presensi serta mengkondisikansiswa untuk belajar.

Ceramah
&
 Tanya Jawab






7’
Guru menyampaikan apersepsi (MTK) : “Anak-anak Ibu mau bertanya pada kalian, bilangan sesudah 21 berapa? “ Tanya Guru. Siswa menjawab …………….(jawaban yang diharapkan 22). Guru bertanya kembali, “kalau bilangan sebelum 23?”.
Siswa menjawab,………….(jawaban yang diharapkan 22).” Jadi bilangan-bilangan tadi dapat kita urutkan menjadi 20,21,22, yang akan kita cari tadi adalah 21. Setelah guru memberikan ulasan sedikit, Guru memberitahu apa yang akan dipelajari hari ini, yaitu mengenai posisi bilangan dan memberitahu tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran ini.
8’
Guru menyampaikan apersepsi (IPS) :Guru bertanya pada siswa, “Anak-anak di dalam kelas kita terdapat papan tulis, dimanakah papan tulis berada ?”  Siswapun menjawab,………......(Jawaban yang diharapkan : di depan). Guru bertanya kembali,……..(jawaban yang diharapkan : di belakang).

Kemudian Guru memberitahukan mengenai materi yang akan dipelajari hari ini, yaitu membuat denah.

“Siapakah yang berada di kanan kalian ?”, Tanya Guru. Siswa pun kembali menjawab,…………(Jawaban dari masing-masing siswa berbeda). Hingga Guru bertanya kembali, siapa di kiri mereka, di depan mereka, dan di belakang mereka. Dan juga menjelaskan tentang tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran.

Kegiatan Inti (MTK) 50’
Alokasi Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Metode Pembelajaran
Sumber / Alat , dan Bahan
10’
Guru menjelaskan materi tentang “Menentukan suatu bilangan diantara dua bilangan”. Guru menggunakan kertas plano yang telah berisi uraian materi, ditempel di papan tulis. Kemudian siswa diminta untuk memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh Guru.

Ceramah





Kertas Plano
Spidol, papan tulis, dan penggaris.
7’
Setelah kiranya siswa sudah mulai paham mengenai penjelasan yang diberikan, selanjutnya Guru memberikan soal.
Penugasan





3
Kemudian untuk siswa yang bisa, dipersilahkan  untuk mengerjakan di depan.
Penugasan



20’
setelah siswa sudah dianggap paham, kemudian Guru memberikan suatu permainan, agar siswa-siswi menjadi lebih semangat. Guru menempelkan kertas plano yang berisi permainan. Guru menjelaskan aturan main pada siswa, yaitu, setelah kertas plano yang berisi soal-soal di temple di papan tulis, masing-masing siswa diminta ke depan untuk mencari jawaban, jawaban di cari pada tempat yang telah disediakan Guru. Setelah jawaban ketemu, kemudian di tempel. Permainan ini dilakukan dengan urut, agar suasana tetap kondusif dan menyenangkan yaitu dimulai dari bangku yang paling ujung. Untuk lebih menghidupkan permainan, Guru memberikan waktu 5 kali hitungan. Jika dalam 5 kali hitungan tidak menemukan jawaban, maka siswa dianggap gagal. (untuk member semangat lebih, bagi siswa yang dapat menemukan jawaban dengan tepat dan cepat akan mendapatkan hadiah dari guru).
Permainan, ceramah, dan penugasan
10’
Kelas dikondisikan seperti semula, lalu Guru memberikan penguatan terhadap materi yang telah diajarkan, dan siswa diminta bertanya apabila masih ada materi yang belum dipahami.
Ceramah dan Tanya jawab


Kegiatan Inti (IPS) 65’
Alokasi Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Metode Pembelajaran
Sumber / Alat, dan Bahan
15’
Guru menjelaskan materi tentang “denah”. Kemudian menjelaskan pula, hal yang berhubungan dengan denah seperti “letak” (depan, belakang, kanan,kiri).
Ceramah





Buku paket IPS, kertas plano (berisi denah)
10’
Guru menempelkan contoh denah yaitu berupa denah rumah di kertas plano. Kemudian siswa diminta menganalisis, bangunan apa saja yang terletak di kanan, kiri, dan depan dari denah rumah tersebut.
Penugasan
25’
Setelah sekiranya sudah paham mengenai denah, siswa diminta untuk membuat denah sekolah (dimana letak, kelas 1-6, kantor Guru, parker, kantin, perpustakaan, dan mushola).

15’
Setelah kegiatan tersebut usai, kelas di kondisikan seperti semula, kemudian Guru memberikan penguatan terhadap materi yang telah diajarkan, dan siswa diminta bertanya apabila ada materi yang masih belum di mengerti.
Ceramah dan Tanya jawab


Kegiatan Inti (Aqidah Akhlaq & PKn)15’
Alokasi Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Metode Pembelajaran
Sumber / Alat / Bahan
7’
Guru menjelaskan materi tentang pengertian dan contoh sifat rendah hati, santun, ikhlas, dermawan dan juga materi tentang aturan di lingkungan masyarakat dengan menggunakan peta konsep.
Ceramah & Peta Konsep
Peta konsep, papan tulis , dan spidol
5’
Setelah kiranya siswa sudah paham, siswa diminta untuk membuat contoh dari masing-masing point tersebut. Contoh tersebut di tulis di selembar kertas dan dikumpulkan. (sekaligus sebagai evaluasi).
Penugasan
Kertas dan pulpen
3’
Setelah siswa selesai mengerjakan tersebut, guru memberikan penguatan terhadap materi, dan siswa diminta bertanya apabila ada materi yang belum dimengerti.
Ceramah dan Tanya jawab
-

Kegiatan Akhir (25’)
Alokasi Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Metode Pembelajaran
Sumber / alat/ Bahan
15’
Siswa diminta untuk mengerjakan soal evaluasi yang telah disediakan Guru, dan dikumpulkan. (MTK).
Penugasan
Soal melengkapi
5’
Siswa diminta untuk membuat denah berupa denah rumah. (jawaban masing-masing siswa berbeda) ini sebagai tugas rumah. (IPS)
Soal Essay
5’
Sebagai tindak lanjut, siswa diminta untuk mempelajari materi yang telah dipelajari hari ini di rumah serta mempelajari materi selanjutnya.


VIII.   Sumber Belajar
ü  Asy’ari dkk, “Ilmu Pengetahuan Sosial SD untuk kelas3”, Erlangga, Jakarta,2007
ü  Sulardi, “Pandai Berhitung Matematika”, Erlangga, Jakarta, 2006
ü  Lidya Sinurat dkk, “Portofolio IPS Kelas 3”, Esis, Jakarta, 2004
ü  Prayoga Bestari, Ati Sumiati, “Pendidikan Kewarganegaraan untuk Kelas III SD”, Pusat Perbukuan, Jakarta, 2008.
ü  Wiyadi, “Membina Aqidah dan Akhlaq 3”, Solo : Tiga Serangkai, 2009

XI .  Penilaian
Indikator
Teknik Penilaian
Instrumen Penilaian
Matematika

·   Menentukan suatu bilangan yang terletak diantara dua bilangan
· Non Tes : pengamatan (kegiatan permainan)
·   Menentukan posisi bilangan pada garis bilangan.
· Tes : mengurutkan tulisan (pada garis bilangan)
IPS
·   Membuat denah tempat tinggal masing-masing.
· Non tes : product (tugas rumah)
·   Menentukan letak bangunan-bangunan yang ada di sekolah dari denah sekolah.
· Tes tulis : Essay (di kegiatan inti)
Aqidah Akhlaq
·    Menyebutkan contoh sifat rendah hati, santun, ikhlas, dan dermawan dalam kehidupan sehari-hari.
·    Tes tulis : Essay (di kegiatan inti)
Pkn
·    Menyebutkan contoh aturan tertulis dan contoh aturan tidak tertulis dengan benar.
·    Tes tulis : Essay (di kegiatan inti)
.                                                                                                

 Ponorogo, 16 Juni 2012

Mengetahui,
Dosen Pembimbing,

Kurnia Hidayati


Praktikan,

Arlin Hermawati





Lampiran
MATERI
Matematika
A.    Menentukan Suatu Bilangan diantara dua bilangan.
Bilangan setelah 20 adalah 21
Bilangan sebelum 22 adalah 21
Jadi diantara bilangan 20 dan 22 adalah bilangan 21. Kemudian dimasukkan ke dalam garis bilangan.
20

22
20
21
22
 


B.     Menentukan Posisi bilangan pada garis bilangan.
Ada beberapa angka acak. Kemudian angka tersebut di susun menjadi angka yang urut dari yang terbesar ke terkecil ataupun sebaliknya.
Misalnya : 250, 247, 249, 251, 248
Jawaban  : 247, 248, 249, 250, 251
Setelah bilangan tersebut terurut, selanjutnya dimasukkan ke dalam garis bilangan.
247
2488
250
249
251
 



IPS
A.   
Kantor pos

Lapangan
pasar
Rumah
Masjid
sekolah
Membuat Denah Rumah






Keterangan :
Letak rumah di depan masjid
Letak rumah di samping kanan kantor pos
Letak rumah di samping kiri lapangan

B.     Membuat Denah Sekolah
Kelas 1
Kelas4
Kelas 6
Kelas 5
Kelas 2
Kelas 3
perpustakaan
Masjid
laboraturium

kantin


HALAMAN SEKOLAH
Text Box:
 












Keterangan :
Masjid terletak di sebelah kanan kelas 3
Kelas 2 terletak di sebelah kiri kelas 3 dan disebelah kanan kelas 1
Laboraturium terletak di sebelah kiri kelas 4 dan di depan kelas 1










Materi PKn
Aturan di Lingkungan Masyarakat
Di masyarakat perlu dibuat aturan. Peraturan dibuat untuk menciptakan ketertiban dan ketentraman dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat berbagai jenis aturan yang adan di lingkungan masyarakat. Aturan tersebut, diantaranya berupa aturan tertulis dan tidak tertulis.
a.       Aturan Tertulis
Aturan tertulis berupa ketentuan tertulis yang telah disepakati bersama untuk dilaksanakan. Aturan tertulis bersifat mengikat bagi suatu masyarakat. Aturan terttulis biasanya ditempel di tempat-tempat umum yang mudah dilihat oleh seluruh anggota masyarakat. Contohnya, aturan untuk melapor kepada ketua RT setempat babgi orang yang bertamu lebih dari 24 jam.
Selain itu, aturan tertulis juga tercantum dalam suatu kitab atau buku. Contohnya, kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) untuk mengadili orang yang melakukan kejahatan. Semua aturan tertulis dibuat untuk membina kerukunanaturan warga. Oleh karena itu, kita harus selalu menaati semua aturan yang berlaku di Negara Indonesia.
b.      Aturan tidak tertulis.
Aturan tidak tertulis berupa ketentuan yang telah disepakati bersama untuk dilaksanakan. Aturan tidak tertulis merupakan aturan yang bersifat kebiasaan yang berlaku di lingkungan suatu masyarakat.walaupun tidak tertulis, aturan tersebut harus tetapdilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Bagi yang melanggar aturan tidak tertulis akan mendapat sanksi juga. Sanksinya bisa ditentukan oleh masyarakat. Contohnya, aturan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan kegiatan siskamling (ronda malam) secara bergantian.
Aturan yang terdapat di suatu wilayah dibuat untuk mengatur tata tertib kehidupan warganya. Aturan biasanya mencantumkan kewajiban dan hak setiap warga.
Setiap warga memilki kewajiban yang harus dilaksanakan, diantaranya :
1.        Menjaga keamanan,
2.        Menjaga kerukunan,
3.        Menjaga kenyamanan lingkungan.
Adapun hak yang dapat diperoleh warga, diantaranya :
1.        Memperoleh keamanan,
2.        Memperoleh pelayanan dari aparat RT, RW, atau kelurahan. Misalnya, pelayanan untuk membantu Kartu Tanda Penduduk (KTP).



Materi Aqidah Akhlaq
Akhlaq Terpuji
Rasulullah SAW semasa muda terkenal memilki akhlaq yang luhur. Beliau dijuluki Al-amin oleh kaumnya. Artinya orang yang terpecaya. Setelah menjadi Rasulpun, budi pekertinya tetap tinggi. Allah Swt menyatakan hal tersebut dalam sebuah ayat Alquran surat Al-Qolam 68 : 11, yang artinya :
“Dan sesungguhya Engkau benar-banar, berbudi pekerti yang luhur .“
Lawan atau musuh Rasulullah Saw pun mengakui ketinggian budi pekerti beliau. Beliau tidak pernah mendendam dan menolak permintaan orang lain. Hal itulah yang menjadi kunci kesuksesan dakwah Rasulullah Saw dalam menyebarkan agama Islam. Diantara sifat terpuji yang dapat kita teladani adalah rendah hati, santun, ikhlas, dan dermawan.
1.      Rendah hati
Rendah hati adalah sikap dan perbuatan yang tidak menyombongkan diri. Misalnya tidak membeda-bedakan (meskipun anak orang kaya Randi selalu bergaul dengan siapapun).
2.      Santun
Santun adalah perilakunya halus, tutur katanya lemah lembut dan tidak pernah menyakiti hati orang lain. Misalnya apabila bertemu orang lebih tua menyapa dengan hormat.
3.      Ikhlas
Ikhlas adalah melakukan suatu amalan semata-mata karena iman kepada Allah dan mengharap keridhaanNya. Misalnya, member sesuatu kepada orang lain tanpa mengharap imbalan apapun.
4.      Dermawan
Dermawan adalah orang yang suka bederma atau member. Misalnya, memberikan makanan kepada fakir miskin.










            “PETA KONSEP “
KEMASYARAKATAN
ATURAN MASYARAKAT
Akhlaq Terpuji
Rendah Hati
Aturan tidak tertulis
Ex : tidak membeda-bedakan
Santun
Ikhlas
Dermawan
Aturan Tetulis
Ex : bertemu dg orang tua menyapa
Ex : andi meminjami pulpen temannya tanpa mengharap imbalan
Ex : nina suka member makanan pada fakir miskin.
Ex : melapor pada ketua RT bagi yang bertamu lebih dari 24 jam
Ex : menjaga kebersihan lingkungan
 

















Lampiran
Soal
1.      Berikan 1 contoh sifat rendah hati !
2.      Berikan 1 contoh sifat santun!
3.      Berikan 1 contoh sifat ikhlas!
4.      Berikan 1 contoh sifat rendah dermawan !

Kunci Jawaban
1.      Tidak membeda-bedakan.
2.      Apabila bertemu orang lebih tua menyapa dengan hormat.
3.      Memberi sesuatu kepada orang lain tanpa mengharap imbalan.
4.      Memberikan makanan pada fakir miskin.



Penilaian
Betul = 4 x 25 =100














Lampiran
Soal
1.      Apakah yang dimaksud dengan aturan tertulis ?
2.      Apkah yang dimaksud dengan aturan tidak tertulis ?
3.      Sebutkan satu contoh aturan tertulis !
4.      Sebutkan satu contoh aturan tidak  tertulis !

Kunci Jawaban
1.      Ketentuan tertulis yang telah disepakati bersama untuk dilaksanakan.
2.      Ketentuan yang telah disepakati bersama untuk dilaksanakan.
3.      Melapor kepada ketua RT setempat bagi orang yang bertamu lebih dari 24 jam.
4.      Aturan untuk selalu menjaga kebersihan.



Penilaian
Betul = 4 x 25 =100















Lampiran
Soal Permainan

635

637

639


643

641
645

241

243

245


249

247
251

412

414

416


420

418
422

 
























Lampiran
Penilaian
·         Untuk siswa yang dapat mengambil jawaban dengan benar dan waktunya tepat mendapat nilai 100.
·         Untuk siswa yang dapat mengambil jawaban dengan benar dan waktunya tidak tepat mendapat nilai 50.
·         Untuk siswa yang tidak dapat mengambil jawaban dengan tepat mendapat nilai 0.





















Lampiran
Soal Evaluasi
(Mengurutkan pada Garis Bilangan)
1.     
549      551
553      554
552      550
 



441      408
407      410
409      412
 
2.                                                                          
313      311
310      309
312      308
809      812
813      808
810      811




3.       



4.       









Lampiran
Kunci Jawaban
635
636
637
638
639
640
644
643
6422
641
645
646
241
242
2432
244
245
246
250
249
248
247
251
252
412
413
414
415
416
417
421
420
419
418
422
433
 














                                     









Lampiran
Kunci Jawaban
1.     
549
550
551
552
553
554
308
309
310
311
312
313
808
809
810
811
812
813
407
408
409
410
411
412
 


2.       


3.       


4.       





Nilai = betul × 25
         = 100











Tidak ada komentar:

Posting Komentar